PT Garuda Indonesia Tbk.
Company
Profile PT Garuda Indonesia Tbk.
PT Garuda Indonesia
adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service
airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia
mengoperasikan 82 armada untuk melayani
33 rute domestic dan 18 rute international termasuk Asia (Regional Asia
Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa
(Belanda).
Sebagai bentuk kepeduliannya
akan keselamatan, Garuda Indonesia telah mendapatkan sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA). Hal ini
membuktikan bahwa maskapai ini telah memenuhi
standar internasional di bidang keselamatan dan keamanan.
Berbagai penghargaan pun
telah di terima oleh PT Garuda Indonesia sebagai bukti dari keunggulannya. Pada
tahun 2010, Skytrax menobatkan Garuda Indonesia sebagai “Four Star Airline” dan
sebagai “ The World’s Most Best Improved Airline” . selanjutnya pada
tahun 2012, Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai “World’s Best
Regional Airline” dan “Maskapai Regional Terbaik di Dunia” dan masih banyak
lagi penghargaan yang telah di terima oleh PT Garuda Indonesia.
Garuda Indonesia memang
telah berhasil mengubah haluannya, sehingga terhindar dari kegagalan di masa
krisis dan meraih kesuksesan di era 2006
hingga 2010. Setelah melalui masa-masa sulit, kini Garuda Indonesia melanjutkan
kesuksesan dengan menjalankan dengan program 5 tahun ekspansi secara agresif,
dan program tersebut di beri nama “Quantum Leap”.
Terlepas dari bisnis
utamanya sebagai maskapai penerbangan, Garuda Indonesia juga memiliki unit bisnis
(Strategic Business Unit/SBU) dan anak perusahaan.
Unit bisnis Garuda Indonesia adalah Garuda Cargo dan Garuda Medical Center. Sedangkan
anak perusahaan Garuda Airline adalah PT Citilink Indonesia, yaitu maskapai
tarif rendah, PT Aerowisata (hotel, transportasi darat, agen perjalan dan
katering), PT Abacus Distribution System Indonesia (penyedia layanan system
pemesanan tiket), PT Aero System Indonesia/Asyst (penyedia layanan teknologi informasi
untuk industry pariwisata dan transportasi) dan PT Garuda Indonesia Maintanance Facility
(BMF Aeroasia), yaitu perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat,
perbaikan, dan overhaul.
Dan pada bulan Februari
2011, PT Garuda Indonesia menjadi Perusahaan Publik dan tedaftar di Bursa Efek
Indonesia.
Sejarah
PT Garuda Indonesia Tbk.
Nama “Garuda” di
berikan oleh Presiden Soekarno dimana nama tersebut di ambil dari sajak Belanda
yang ditulis oleh penyair pada masa itu, Noto Soeroto; “Ik ben Garuda,
Vishnoes’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog bovine uw einlanden” yang
artinya, “Saya Garuda, burung Vishnu yang melebarkan sayapnya tinggi di atas
kepulauan Anda”.
Pesawat
Berawal dari
penerbangan perdana di tahun 1949, PT Garuda Indonesia, yang sebelumnya Garuda
Airways. Mulai mengembangkan armadanya. PT Garuda Indonesia pada saat itu
mengoperasikan satu pesawat Douglas DC-3 Dakota dan PBY Catalina.
Visi
dan Misi Perusahaan
Visi
Perusahaan
Menjadi perusahaan
penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada
masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia.
Misi
Perusahaan
Sebagai
perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan
Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan
memberikan pelayang yang profesional.
Berikut ini adalah
bentuk komunikasi PT Garuda Indonesia terhadap pihak-pihak eksternal yaitu
sebagai berikut:
1. Pelanggan
: PT Garuda Indonesia memberikan beberapa keuntungan kepada konsumen/pelanggan yaitu sebagai berikut :
1) PT Garuda Indonesia menawarkan asuransi perjalan yang mencakup perjalanan domestik maupun internasional dengan banyak manfaat yang disebut dengan "Garuda Travel Insurance" sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap pelanggan setia PT Garuda Indonesia dan juga seluruh masyarakat Indonesia, karena menurut mereka keamanan dan kenyamanan nasabah merupakan tanggung jawab perusahaan.
2) PT Garuda Indonesia bekerjasama dengan Telkomsel menyediakan fasilitas T-Cash bagi pelanggan Telkomsel untuk memberikan kemudahan pembelian tiket dan pesan tempat duduk kepada para calon penumpang PT Garuda Indonesia melalui telepon seluler.
3) PT Garuda Indonesia memberikan kebijakan agar semua pesawat baru maupun yang sudah ada akan dilengkapi teknologi "mobile", tujuannya agar konsumen PT Garuda Indonesia bisa melakukan komunikasi melalui SMS dan menoperasikan komputer jinjing untuk komunikasi melalui internet selama dalam penerbangan.
2. Masyarakat
Lurus : Di Garuda Indonesia terdapat dua bagian yang
memiliki tujuan yang sama dalam menangani kegiatan komunikasi pada pihak
eksternal diantaranya, yaitu PR (Public
Realition), dan CSR (Corporate Social Responsibility).
1) Tugas
PR (Public Realition) adalah mengelola komunikasi perusahaan baik secara
internal maupun eksternal. 2) Tugas CSR (Corporate Social Responsibility) adalah mengelola program CSR dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) PT Garuda Indonesia. Maksud dari program CSR dan PKBL tersebut yaitu PT Garuda Indonesia melalui penyaluran dana dan hibah serta program-program yang memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah usaha perusahaan, yang tujuannya adalah untuk mendapatkan mutual understanding dan good will dengan komunikasi dua arah (two way communication).
3. Pemerintah
:
PT Garuda Indonesia memiliki perjanjian yaitu Perjanjian pengangkutan tunduk
kepada Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan
Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab
Pengangkutan Udara Jo. Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 92 Tahun 2011
tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 77 Tahun 2011
tentang Tanggung Jawab Pengangkutan Angkutan Udara beserta peraturan-peraturan
pelaksa lainnya, yang ada dan berlaku saat ini dan kemudian, serta peraturan-peraturan
lain dari Pengangkut.
4. Kepada
Pihak Lain Secara Khusus : PT Garuda Indonesia memberikan
laporan keuangan kepada investor secara berkala baik selama periode enam bulan,
sembilan bulan, bahkan satu tahun.
Sumber :
/index.page?
3.http://www.jpnn.com/read/2014/02/06/215198/Lindungi-Penumpang,-Garuda-Gandeng-Allianz-Utama-Indonesia-
4.http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/10/06/17/120248-garuda-kembangkan-teknologi-informasi-penerbangan-tahun-2010
3.http://www.jpnn.com/read/2014/02/06/215198/Lindungi-Penumpang,-Garuda-Gandeng-Allianz-Utama-Indonesia-
4.http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/10/06/17/120248-garuda-kembangkan-teknologi-informasi-penerbangan-tahun-2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar