Rabu, 12 Maret 2014

TUGAS KOMUNIKASI BISNIS




 PT Garuda Indonesia Tbk.

Company Profile PT Garuda Indonesia Tbk.

PT Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani  33 rute domestic dan 18 rute international termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda).
Sebagai bentuk kepeduliannya akan keselamatan, Garuda Indonesia telah mendapatkan sertifikasi  IATA Operational Safety Audit (IOSA). Hal ini membuktikan bahwa maskapai ini telah memenuhi  standar internasional di bidang keselamatan dan keamanan.
Berbagai penghargaan pun telah di terima oleh PT Garuda Indonesia sebagai bukti dari keunggulannya. Pada tahun 2010, Skytrax menobatkan Garuda Indonesia sebagai “Four Star Airline” dan sebagai “ The World’s Most Best Improved Airline” . selanjutnya pada tahun 2012, Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai “World’s Best Regional Airline” dan “Maskapai Regional Terbaik di Dunia” dan masih banyak lagi penghargaan yang telah di terima oleh PT Garuda Indonesia.
Garuda Indonesia memang telah berhasil mengubah haluannya, sehingga terhindar dari kegagalan di masa krisis  dan meraih kesuksesan di era 2006 hingga 2010. Setelah melalui masa-masa sulit, kini Garuda Indonesia melanjutkan kesuksesan dengan menjalankan dengan program 5 tahun ekspansi secara agresif, dan program tersebut di beri nama “Quantum Leap”.  
Terlepas dari bisnis utamanya sebagai maskapai penerbangan, Garuda Indonesia juga memiliki unit bisnis (Strategic  Business Unit/SBU) dan anak perusahaan. Unit bisnis Garuda Indonesia adalah Garuda Cargo dan Garuda Medical Center. Sedangkan anak perusahaan Garuda Airline adalah PT Citilink Indonesia, yaitu maskapai tarif rendah, PT Aerowisata (hotel, transportasi darat, agen perjalan dan katering), PT Abacus Distribution System Indonesia (penyedia layanan system pemesanan tiket), PT Aero System Indonesia/Asyst (penyedia layanan teknologi informasi untuk industry pariwisata dan transportasi) dan PT Garuda Indonesia Maintanance Facility (BMF Aeroasia), yaitu perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat, perbaikan, dan overhaul.
Dan pada bulan Februari 2011, PT Garuda Indonesia menjadi Perusahaan Publik dan tedaftar di Bursa Efek Indonesia.

Sejarah PT Garuda Indonesia Tbk.

Nama “Garuda” di berikan oleh Presiden Soekarno dimana nama tersebut di ambil dari sajak Belanda yang ditulis oleh penyair pada masa itu, Noto Soeroto; “Ik ben Garuda, Vishnoes’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog bovine uw einlanden” yang artinya, “Saya Garuda, burung Vishnu yang melebarkan sayapnya tinggi di atas kepulauan Anda”.
Pesawat
Berawal dari penerbangan perdana di tahun 1949, PT Garuda Indonesia, yang sebelumnya Garuda Airways. Mulai mengembangkan armadanya. PT Garuda Indonesia pada saat itu mengoperasikan satu pesawat Douglas DC-3 Dakota dan PBY Catalina.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi Perusahaan
Menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia.

Misi Perusahaan
Sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayang yang profesional.
Berikut ini adalah bentuk komunikasi PT Garuda Indonesia terhadap pihak-pihak eksternal yaitu sebagai berikut:
1Pelanggan : PT Garuda Indonesia memberikan beberapa keuntungan kepada konsumen/pelanggan yaitu sebagai berikut :
1) PT Garuda Indonesia menawarkan asuransi perjalan yang mencakup perjalanan domestik maupun internasional dengan banyak manfaat yang disebut dengan "Garuda Travel Insurance" sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap pelanggan setia PT Garuda Indonesia dan juga seluruh masyarakat Indonesia, karena menurut mereka keamanan dan kenyamanan nasabah merupakan tanggung jawab perusahaan.
2) PT Garuda Indonesia bekerjasama dengan Telkomsel menyediakan fasilitas T-Cash bagi pelanggan Telkomsel untuk memberikan kemudahan pembelian tiket dan pesan tempat duduk kepada para calon penumpang PT Garuda Indonesia melalui telepon seluler.
3) PT Garuda Indonesia memberikan kebijakan agar semua pesawat baru maupun yang sudah ada akan dilengkapi teknologi "mobile", tujuannya agar konsumen PT Garuda Indonesia bisa melakukan komunikasi melalui SMS dan menoperasikan komputer jinjing untuk komunikasi melalui internet selama dalam penerbangan.  

2. Masyarakat Lurus : Di Garuda Indonesia terdapat dua bagian yang memiliki tujuan yang sama dalam menangani kegiatan komunikasi pada pihak eksternal  diantaranya, yaitu PR (Public Realition), dan CSR (Corporate Social Responsibility).
1)   Tugas PR (Public Realition) adalah mengelola komunikasi perusahaan baik secara internal maupun eksternal. 
2)   Tugas CSR (Corporate Social Responsibility) adalah mengelola program CSR dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) PT Garuda Indonesia. Maksud dari program CSR dan PKBL tersebut yaitu PT Garuda Indonesia melalui penyaluran dana dan hibah serta program-program yang memberikan manfaat kepada masyarakat  di sekitar wilayah usaha perusahaan, yang tujuannya adalah untuk mendapatkan mutual understanding dan good will dengan komunikasi dua arah (two way communication).
 
3. Pemerintah : PT Garuda Indonesia memiliki perjanjian yaitu Perjanjian pengangkutan tunduk kepada Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkutan Udara Jo. Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 92 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkutan Angkutan Udara beserta peraturan-peraturan pelaksa lainnya, yang ada dan berlaku saat ini dan kemudian, serta peraturan-peraturan lain dari Pengangkut.
  
4. Kepada Pihak Lain Secara Khusus : PT Garuda Indonesia memberikan laporan keuangan kepada investor secara berkala baik selama periode enam bulan, sembilan bulan, bahkan satu tahun.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar